5 Langkah untuk Memulai Merek Makanan Baru

, , , ,

Sebagai pemasok bahan baku penting ke beberapa industri makanan, kami memiliki titik pandang yang unik, dimana kami bisa menyaksikan beberapa Catering Jakarta tumbuh dari awal dan kemudian mereka menjadi nama merek dagang yang kuat, dan untuk beberapa yang beruntung, menjadi begitu terkenal secara domestik. Ini adalah salah satu keistimewaan dari pekerjaan kami, yaitu menyaksikan sesuatu yang nyata hanya sedikit yang berhasil tumbuh dari benyaknya usaha makanan yang telah memulainya.

Kami sering bekerja dengan beberapa layanan Catering Jakarta ini sejak awal, ketika mereka menulis rencana bisnis hingga membandingkan cara mereka menggunakan bahan-bahan masakan. Dan kemudian, kami juga bisa melihat layanan Catering Jakarta tersebut berkembang. Kami memiliki kesempatan istimewa untuk membantu Catering Jakarta berubah dari kecil menjadi besar, dan menyaksikan Catering Jakarta itu tumbuh. Banyak Catering Jakarta yang telah bekerjasama dengan kami untuk memasok berbagai bahan makanan untuk memberi layanan kepada para pelanggan mereka.

Sebagian besar Catering Jakarta memulai perjalanan bisnis mereka di titik yang sama. Untuk dapat membangun fondasi yang kuat, kami perhatikan bahwa semua Catering Jakarta perlu mempelajari hal-hal yang sama tentang layanan profesional di bisnis makanan dan membuat beberapa keputusan penting tentang bisnis baru mereka. Keputusan ini akan memungkinkan Catering Jakarta untuk benar-benar memahami dan mulai mengembangkan merek dagang dari usaha makanan mereka.

Jika Anda tertarik ingin memulai usaha kuliner namun Bingung caranya seperti apa, maka inilah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat Anda hendak memulai usaha Catering Jakarta dengan nama merek dagang baru Anda. Kami berharap pengalaman orang lain dalam mengembangkan usaha makanan dapat membantu Anda berkembang!

Bagaimana merek dagang bisnis makanan biasanya dimulai

Banyak merek dagang usaha makanan yang baru mulai dengan cerita yang sama, mungkin Anda juga sama. Biasanya dimulai dengan hobby memasak di rumah atau restoran, yang akan kita bahas kali ini salah satunya adalah Rooswati. Inilah kisahnya tentang bagaimana usaha Catering Jakarta yang dimilikinya bermula dan berkembang.

Rooswati Catering pertama-tama membuat hidangan khusus untuk keluarga dekatnya, dan kemudian untuk beberapa teman. Setelah beberapa Minggu, usaha makanannya menjadi terkenal di komunitasnya. Suatu hari, seseorang berkata kepada Rooswati sambil lalu, “Anda harus menjual ini! Sangat enak, itu benar-benar akan laku! ”

Maka, semangat kewirausahaannya pun menyala, dan Rooswati memulai perjalanan untuk memulai usahanya sendiri. Rooswati beerpendapat bahwa dengan bahan-bahan berkualitas tinggi, dia akan menjual lebih banyak makanan ke seluruh pelanggan dan sejumlah perusahaan. Dan Rooswati tahu bahwa makanan yang ditawarkannya akan menjadi terkenal karena kualitasnya memang bagus. Dan Rooswati Catering memang beruntung, dia benar!

Tetapi, untuk Rooswati Catering memulai merek dagangnya sendiri, masih ada beberapa hal yang harus Rooswati pelajari. Dan jika Anda ingin membuat usaha makanan Anda sendiri, Anda perlu mempelajari hal yang sama.

5 Langkah untuk Memulai Merek Dagang Baru Anda

Pelajari Cara Kerja Bisnis Catering secara Umum

Langkah ini adalah kata kunci yang utama, jadi perhatikan dengan seksama! Jika Anda belum pernah berkecimpung dalam bisnis makanan sebelumnya, Anda tidak sendirian. Banyak merek dagang hebat berasal dari karyawan yang dulu bekerja di berbagai Catering Jakarta lainnya.

Untuk benar-benar menguasai diri Anda dan membuat rencana bisnis makanan yang cerdas untuk masa depan Anda, Anda perlu memahami bagaimana cara kerja di dunia kuliner, khususnya layanan Catering Jakarta. Tempat terbaik untuk mengetahui Jawaban atas semua pertanyaan ini adalah menghadiri acara yang diadakan oleh asosiasi pengusaha jasa kuliner, dan mendaftar untuk mengikuti salah satu seminar yang diselenggarakan. Ini adalah asosiasi yang memberikan panduan untuk banyak merek dagang yang baru saja mulai, dan akan menjadi jejaring dan platform penjualan yang kuat untuk Anda saat usaha makanan Anda terus tumbuh. Hal yang pertama, hadiri acaranya dan pelajari sebanyak mungkin tentang seluk beluk di industri Catering Jakarta Anda. Ini benar-benar akan sangat bermanfaat meskipun mungkin akan membutuhkan biaya yang lumayan besar.

Ini adalah langkah pertama, yang akan menjadi landasan kuat, dari mana Anda akan membuat semua keputusan penting untuk bisnis masa depan Anda. Melalui seminar ini, Anda akan mendapatkan beberapa informasi penting untuk beberapa permasalahan seperti:

  1. Siapa yang akan menjual masakan Anda?
  2. Siapa yang akan membelinya?
  3. Bagaimana Anda akan mendapatkan bahan-bahan masakan?
  4. Bagaimana Anda mendapatkan jalur pemasaran untuk masakan Anda?
  5. Dari mana Anda akan mendapatkan peralatan yang Anda perlukan?
  6. Apakah Anda akan membuat sendiri atau menggunakan perusahaan kemasan?
  7. Bagaimana Anda akan memasarkan merek dagang Anda?

Anda tidak akan dapat berhasil melanjutkan ke langkah berikutnya tanpa mengetahui semua informasi permulaan yang dapat asosiasi ajarkan kepada Anda. Meskipun Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya tanpa mengikuti berbagai seminar, tetapi yang Anda peroleh tentunya hanya itu, dan jika Anda mengikuti berbagai seminar, maka Anda pasti akan berterima kasih kepada diri Anda sendiri karena telah meluangkan waktu untuk mempelajari semua yang Anda butuhkan.

Putuskan Siapa yang akan Membuat Masakan Anda

Setelah Anda menghadiri seminar tentang mengelola usaha makanan, dan mendapatkan inspirasi bisnis dan Jawaban yang bagus, Anda harus mulai mengerjakan rencana Anda satu demi satu. Ketika benar-benar membuat masakan Anda, ada sejumlah cara untuk menyusun rencana bisnis untuk layanan Catering Jakarta Anda.

Anda dapat menyiapkan dapur sendiri, saat usaha makanan Anda terus tumbuh, Anda akan bertanggung Jawab atas semua administrasi, penjualan, pemasaran, dan bisnis perusahaan baru Anda. Saat Anda tumbuh, Anda perlu merekrut karyawan, pindah ke ruang yang lebih besar, menyiapkan jalur pengiriman, dan banyak lagi. Sistem ini membutuhkan modal untuk investasi, dan akan mengambil banyak waktu Anda untuk benar-benar menghasilkan masakan, dan/atau mengawasi fasilitas dan tim Anda.

Anda dapat bekerja dengan perusahaan kemasan atau mitra bisnis yang diperlukan dalam Catering Jakarta, yang merupakan kepanjangan kerjasama bisnis. Tugas mereka adalah meramu masakan Anda persis seperti yang Anda tentukan, yaitu menggunakan kemasan yang Anda pilih, desain Anda, label Anda dan bahan-bahan Anda. Mereka juga akan mengirimkan banyak masakan ke lokasi yang Anda tentukan. Terkadang perusahaan kemasan bertanggung Jawab untuk memesan bahan baku, dan kadang-kadang Anda yang harus melakukannya. Setiap perusahaan kemasan akan memiliki persyaratan minimum sendiri untuk menjalankan bisnis untuk Anda, dan mereka akan berharap bahwa Anda akan terus meningkatkan penjualan Anda.

Keuntungan dari sistem perusahaan kemasan ini adalah memberikan alternatif pemasaran masakan di luar dari cara-cara konvensional Anda, dan menggunakan jalur pemasaran skala penuh yang sudah disiapkan. Hal ini membuat operasi Anda bekerja pada efisiensi maksimum dan memungkinkan Anda untuk menghabiskan waktu sebenarnya menjual masakan dan mengembangkan merek dagang.

Perusahaan kemasan yang baik mungkin agak sulit ditemukan, dan hubungan kerjasama yang saling menguntungkan membutuhkan waktu lama untuk dibangun. Akan lebih baik bila Anda mencoba untuk melihat daftar perusahaan kemasan yang terpercaya di sekitar lokasi Anda.

Jika Anda bekerja di industri makanan tertentu, Anda dapat menghubungi beberapa perusahaan tertentu untuk membantu memberi solusi untuk masalah Anda, tetapi jangan coba menawar biayanya secara langsung, dan tanyakan apakah mereka bersedia untuk mengerjakan pengepakan bersama. Bahkan jika mereka tidak melakukan ini untuk bisnis utama mereka, mereka mungkin bersedia mempertimbangkan permintaan khusus Anda.

Buat Merek Dagang Anda

Anda membutuhkan merek dagang, nama masakan, dan logo. Anda setidaknya ingin membuat sesuatu yang mendasar, bahkan ketika Anda memulai pada tahap awal bisnis Anda.

Jika pekerjaan semacam ini bukan keahlian Anda, pikirkan tentang mempekerjakan perusahaan pencitraan merek dagang sebelum Anda mengambil masakan akhir untuk dicetak. Label pada masakan Anda akan berdampak besar pada keseluruhan penjualan Anda, meskipun ingat, label bukanlah segalanya.

Ingatlah bahwa dalam jangka panjang, Anda juga akan memerlukan situs web dan kartu bisnis untuk setiap masakan khusus Anda. Brosur ini akan memberikan informasi kepada calon pelanggan tentang masakan tertentu, atau lini masakan, dan akan mencakup foto, informasi harga, menu, tata letak dan ukuran, dan lainnya. Anda dapat mengerjakan bagian pemasaran yang lebih besar ini dari waktu ke waktu.

Dapatkan Rincian Bisnis Anda

Pikirkan segala sesuatu yang perlu Anda Jawab, untuk dapat menjual masakan Anda ke kalangan perusahaan. Pertanyaan dari pelanggan mungkin tentang perusahaan Anda atau mungkin tentang logistik masakan. Menyatukan Jawaban bisa menjadi proses yang rumit, mereka akan membutuhkan membuat beberapa keputusan bisnis yang lebih besar dan mengumpulkan semua bagian dari pertanyaan itu ketika Anda secara resmi mulai melakukan penjualan.

  1. Berapa harga satuan dan jalur marketing Anda? Untuk dapat menjawab bahwa Anda harus terlebih dahulu dapat menjawab: berapa keuntungan Anda, biaya bahan baku dan biaya pengepakan atau biaya pembuatan?
  2. Jalur marketing apa yang memasarkan masakan Anda?
  3. Berapa pesanan minimum yang bisa Anda layani?
  4. Apa yang membuat masakan Anda berbeda dari Catering Jakarta yang lain?
  5. Pelanggan seperti apa yang tertarik dengan masakan Anda?
  6. Mengapa pelanggan ingin membelinya?
  7. Apakah Anda memiliki contoh makanan yang siap untuk dicicipi oleh calon pelanggan?

Lakukan Presentasi dan Promosi

Untuk benar-benar menyelesaikan proses permulaan dalam memulai layanan Catering Jakarta, Anda harus menjual sesuatu. Bahkan jika Anda hanya menghasilkan beberapa contoh masakan Anda dan melayani beberapa pesanan kepada pelanggan baru, ini adalah cara yang baik untuk memulai proses tersebut.

Anda harus mengatur waktu pertemuan terjadwal dengan para pelanggan karena mereka akan menganalisa usaha makanan Anda satu atau dua tahun sekali. Ini akan membutuhkan presentasi, serta memberikan contoh makanan kepada mereka untuk mencoba masakan baru Anda.

Setelah satu kalangan mengambil masakan Anda atau menggunakan layanan Catering Jakarta Anda, itu akan memberi Anda jalur pemasaran untuk mengatur penjualan Anda di jalur mereka. Dari sana, penjualan akan lebih mudah karena Anda sudah memiliki satu saluran distribusi. Ini berarti bahwa Catering Jakarta yang bekerja dengan jalur marketing yang sama dapat dengan mudah menambahkan masakan Anda ke pesanan mereka saat ini. Sayangnya, langkah-langkah semacam ini tidak selalu otentik dan teratur.

Proses memulai usaha makanan Anda tidak akan selalu mengikuti langkah-langkah ini sebagaimana yang telah diuraikan. Perkembangan ini tidak sejelas dan searah seperti yang mungkin direncanakan di atas kertas. Ini bisa menjadi rumit, dengan beberapa langkah memakan waktu berbulan-bulan dan kemudian kadang-kadang semua bagian berjalan bersamaan sekaligus dan Anda harus segera mengambil keputusan penting untuk usaha Catering Jakarta Anda!

Memulai merek dagang baru Anda akan selalu menjadi tantangan. Keputusan bisnis Catering Jakarta Anda tidak akan selalu mudah dan mulus. Tetapi apakah cara seperti itu akan sia-sia? Saya pikir Anda sudah tahu Jawabannya.

Edit This